Melihat sisi lain dari Dunia seni Desain Grafis

Desain Grafis, Animasi, Multimedia, Kelucuan, Kehidupan dan Indahnya menatap Hari Depan

Rabu, 16 Juni 2010

Mainan Kecil yang terlupakan

Rasanya baru kemaren aku dan teman-teman bermain bersama, bercanda dan malah kadang sempet juga bertengkar he..he,,he,, (namnya juga anak-anak cuy..). Mungkin saat ini mainan yang sering kami mainkan dulu sudah susah untuk ditemukan. Opiniku mencoba untuk mengingat dan mengenang mainan jaman sebitu. Murah, meriah dan seru itulah gambaran sekilas masa lalu.

yoyo

selain langsung dimainkan dengan jari, kami juga suka mengadu yoyo dengan cara diikatkan benang kekayu, kemudian kami akan saling tarik menarik. siapa yang talinya putus maka dia yang kalah


BP (bongkar pasang)

sering dimainka oleh wanita untuk bermain rumah-rumahan (walaupun kami cowok juga sering ikut main he..he..he)


Kelereng / ekar / gundu

ini cuy... mainan yang seru siapa yang lihai dan cukup cerdik maka dia akan mendapatkan kelereng yang sudah dipasang ditengah lingkarang yang dibuat diatas tanah, bagi yang kalah siap-siap buat manyun. 



Umang-umang

yang jualan biasanya mangkal didepan sekolahan, umang-umang dijual berdasarkan ukuran semakin besar semakin mahal, biasanya dimainkan dengan mengadu umang-umang siapa yang tercepat, maka dia yang menang


Halmah

dimainkan dengan cara memindahkan buah halmah dari segitiga yang sudah ditentukan, siapa yang tercepat maka dia yang menang


Balap kaleng

dimainkan dengan cara menggulung tali keroda mainan, kemudian ditarik dengan kencang, maka kalengnya akan bergetar dan bergerak maju




Gambaran / Wayang ambur

kadang hanya digunakan untuk koleksi saja, tapi kalo udah mulai masuk masa permainan yang sesungguhnya maka, akan terjadi perebutan wayang anatar sesama teman dengan cara mengadu wayang kita dengan wayang lawan, kemudian dilempar keudara, jika wayang yang dilempar menghadap gambar maka dia yang menang. 



Congklak

udah paham kan cara maennya (kalo belom tanya nenek ya..! he..he..he)



Buah Karet/balam

dimainka dengan cara di adu buah siapa yang pecah maka dia yang kalah (murah cuy... ngak usah beli dibelakang sekolahan tinggal ambil aja)



Bekel

butuh bola yang terbuat dari karet dan biji besi yang telah dibentuk atau juga bisa dengan menggunakan kulit kerang yang sudah bersih, kemudian bola dilemar keudara, sambil menunggu lemparan bola turun maka tangan akan mencoba mengambil kulit kerang yang telah diletakkan dilantai. dibutuhkan Skill dan ketelitain tingkat tinggi.



Lompat karet

Murah meriah & menyehatkan itulah gambaran permainan lompat karet, karena kita melewati karet yang dibentang lawan, semakin lama junjungan karetnya akan semakin tinggi.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar